Rabu, 19 Desember 2012

Tuyuhan Dan 10 Muharrom

Tuyuhan Dan Simbah Djumali 2
 
TUYUHAN DAN SIMBAH DJUMALI

Perjalanan Tuyuhan dalam melaksanakan kegiatan "Haul Simbah Djumali, Simbah Abd.Alim dan Masyayikh Tuyuhan di 10 muharrom 1434 H/24 Nopember 2012 M

"Mengenang Jasa, mendidik, memberi penjelasan, mengenal, ngalap barokah para Masyayikh Tuyuhan"




1o Muharrom
Zaman dahulu penduduk desa Tuyuhan masih banyak yang mengenal dan mengikuti budaya jawa (kejawen), tasyakuranpun harus dilaksanakan dengan tata cara yang didalamnya mengandung unsur pemujaan, atau lebih dikenal dengan istilah sedekah Bumi atau sedekah desa dengan berbagai prosesinya yang berbau syirik.
Melihat kejadian tersebut, mbah Syeh (KH. Thoblawi) berkeinginan untuk mengubah/mengalihkan hal tersebut dengan tata cara yang sesuai dengan tuntunan syari'at Islam.
Dengan dalih mengenang dan memperingati cikal bakal atau orang yang babat desa Tuyuhan, kegiatan tersebut dialihkan dengan cara mengadakan serangkaian acara sosial keagamaan tepat di tanggal wafat cikal bakal Tuyuhan, yaitu mbah Djumali.
Mbah Djumali adalah wali terkenal dengan karomah-karomahnya yang berhasil mbabat desa Tuyuhan, dan beliau wafat pada tanggal 10 Muharrom.
Oleh karena itu Tuyuhan dan 10 Muharrom tidak bisa terpisahkan, karena didalamnya mengandung unsur bersejarah, sehingga dari zaman Mbah Syeh sampai sekarang penduduk desa Tuyuhan mengadakan Tasyakuran dengan melaksanakan Haul simbah djumali, simbah Abd. Alim dan Masyayikh Tuyuhan tepat dan istiqomah pada tanggal 10 Muharrom.

Bersambung.........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar