Sabtu, 22 Desember 2012

Perjalanan Haul Mbah Djumali 2012


  Tuyuhan Dan Simbah Djumali 3

TUYUHAN DAN SIMBAH DJUMALI
Perjalanan Tuyuhan dalam melaksanakan kegiatan "Haul Simbah Djumali, Simbah Abd.Alim dan Masyayikh Tuyuhan di 10 muharrom 1434 H/24 Nopember 2012 M

"Mengenang Jasa, mendidik, memberi penjelasan, mengenal, ngalap barokah para Masyayikh Tuyuhan"

Perjalanan Haul Mbah Djumali 2012
Haul Mbah Djumali yang mulai dilaksanakan pada zaman Mbah Syeh (KH.Thoblawi) dilanjutkan dengan istiqomah  oleh masyarakat desa Tuyuhan dibawah komando putra-putra beliau yang berdomisili di Tuyuhan yaitu KH. Achmadi Thoblawi dan K. Muhammad Azizi Thoblawi.
Dan sampai sekarang pelaksanaan haul tersebut masih istiqomah dilaksanakan dibawah komando keluarga KH. Achmadi Thoblawi selaku dzurriyyah yang berdomisili di Tuyuhan.
Pada tahun 2012 ini pelaksanaan haul Mbah Djumali tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab berusaha untuk merintangi, menghalang-halangi dan menyebar fitnah kemana-mana, bahkan orang-orang yang tidak faham sejarah itu sampai membuat haul tandingan sebelum tanggal 10 Muharrom.
Dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal mereka berusaha untuk merubah tanggal pelaksanaan haul Mbah Djumali yang telah terlaksana selama berpuluh-puluh tahun demi ambisi mereka.
Walaupun demikian, keluarga Mbah Achmadi menyikapinya dengan sikap dewasa, berhati-hati, kerjasama, saling menghargai dan memposisikan diri pada porsinya, sehingga bersama-sama dengan masyarakat mengistiqomahkan haul mbah Djumali pada tanggal 10 Muharrom 1434 H yang bertepatan pada hari Sabtu 24 November 2012 M.
Alhamdulillah tsumma Alhamdulillah….
Haul Mbah Djumali, Mbah Abd.Alim dan Masyayikh Tuyuhan 10 Muharrom terlaksana dengan begitu meriah, meskipun sebelumnya terhalangi, terfitnah, terancam oleh orang-orang yang tak punya malu dan menghalalkan segala cara untuk mengejar ambisinya.
Sekitar 3500 pengunjung hadir dari berbagai daerah di Kabupaten Rembang dan sebagian dari luar daerah memadati lokasi acara, dengan khidmah mengikuti acara demi acara yang terselenggara seraya mengharap barokah Waliyyullah dan para Masyayikh.
Keluarga dan masyarakat bangga dan bersyukur kepada Allah SWT, acara terlaksana sesuai harapan, atas Kuasa Allah cuacapun mendukung, tidak panas dan juga tidak hujan, sehingga para pengunjung dengan khidmah mengikuti acara sampai selesai.
Semoga 10 Muharrom dan Mbah Djumali tetap langgeng dan istiqomah, tak tergantikan atau tertandingi.

Rangkaian Acara haul Simbah Djumali, Simbah Abd.Alim 
dan Masyayikh Tuyuhan 2012

Peringatan Haul diselenggarakan dengan berbagai rangkaian acara, mulai dari Khotmil Qur`an binnadhor Putri Pada Jum'ah Malam 23 Nop 2012 jam 18.30-20.00 WIB kemudian dilanjutkan Khotmil Qur`an binnadhor Putra jam 20.30-22.00 WIB bertempat di makam Mbah Djumali.

Sabtu Pagi 24 Nop 2012 jam 07.30-11.00 dilaksanakan khotmil Qur`an bil ghoib di Makam Mbah djumali dan setiap Masjid dan musholla yang berada di desa Tuyuhan, baru kemudian pada jam 13.00 dimulailah acara inti yaitu tahlil umum dan pengajian umum yang juga bertempat di makam Mbah Djumali.

Acara haul dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al Qur`an oleh KH.Yusuf kholil dari Sedan Rembang, setelah itu bacaan suroh Yasin yang dipimpin oleh KH.Abd.Shomad al Hafidz dari Lasem dilanjutkan dengan Tahlil yang dipimpin oleh KH.Mundzir Khoiri dari Pamotan.

Setelah Tahlil barulah mau'idzoh Hasanah yang disampaikan oleh KH.Abd.Hamid Baidlowi dari Lasem, dalam taushiyah beliau menceritakan sedikit silsilah mbah Djumali yang merupakan putra dari Mbah Abd. Alim bin mbah Sambu Lasem.

Setelah KH.Abd.Hamid Baidlowi menyampaikan taushiyahnya, dilanjutkan dengan sambutan dari Dzurriyyah Mbah Djumali yang disampaikan oleh KH.Mujtahidi Thoblawi dari Banjar Negara, dalam sambutannya beliau bercerita bahwa Mbah Djumali adalah orang yang sejak dulu terkenal sebagai seorang waliyullah dan seorang yang Zuhud.

Acara yang terakhir yaitu mau'idzoh hasanah yang ke-2 dan doa yang disampaikan oleh Agus H.Rojih Ubab Maimoen yang hadir mewakili kakeknya yaitu KH.Maimoen Zubair dari Sarang yang berhalangan hadir.

Alhamdulillah acara demi acara berlangsung dengan khidmat dan lancar.


Masyayikh Berpesan
A.      KH. Mujtahidi Thoblawi (Purwonegoro, Banjar Negara)
1.  Tetapkan/istqomahkan Haul Tuyuhan pada tanggal 10 Muharrom, dengan dasar bahwa Mbah Syeh (KH. Thoblawi) melaksanakan haul pada tanggal 10 Muharrom terlebih dahulu diistikhorohi dan diriyadlohi, oleh karena itu dzurriyyah sekarang tinggal meneruskannya, jangan sampai merubah apa yang telah dilaksanakan oleh Mbah Syeh.
2.  Kesinambungan haul Mbah Djumali tertanggungkan atas dzurriyyah yang berdomisili di Tuyuhan.
3.  Secara otomatis, saat ini yang bertanggungjawab atas kesinambungan Haul Mbah Djumali adalah keluarga KH.Achmadi dengan dibantu oleh sanak saudara yang lain.

B.      KH. Jahuri (Gegersimo, Pamotan)
1.       Haul Mbah Djumali tetap pada tanggal 10 Muharrom. (poko'e anut karo Mbah Syeh, gak usah di ubah-ubah, insyaallah selamet).
2. Pelaksanaan haul mbah Djumali dibawah komando keluarga Mbah Achmadi Thoblawi
C.      KH. Zainal Arifin (Lasem)
1.   Untuk memerangi segala kedholiman diperlukan sebuah system yang super valid dan solid, kebathilan yang terkoordinir dan tertata rapi akan mengalahkan kebenaran yang tidak terkoordinir dan tidak tertata rapi (الحق بلا نظام يغلبه الباطل بنظام)
 
Bersambung.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar