Sabtu, 15 Desember 2012

Tuyuhan Ternamai (Sejarah Tuyuhan)


Tuyuhan Dan Simbah Djumali 1

TUYUHAN DAN SIMBAH DJUMALI

Perjalanan Tuyuhan dalam melaksanakan kegiatan "Haul Simbah Djumali, Simbah Abd.Alim dan Masyayikh Tuyuhan di 10 muharrom 1434 H/24 Nopember 2012 M

"Mengenang Jasa, mendidik, memberi penjelasan, mengenal, ngalap barokah para Masyayikh Tuyuhan"

Tuyuhan Ternamai
Meniik balik tentang terbentuknya sebuah desa Tuyuhan adalah tentang seorang Waliyyullah yang masyhur(terkenal), dialah Mbah Djumali.
Sosok yang istiqomah menjalankan dan memperjuangkan syari'at Islam, dan tanpa menyerah menyebarluaskan ajaran Islam menyeluruh di wilayah kecamatan Pancur pada umumnya dan desa Tuyuhan khususnya.
Konon ceritanya dizaman dahulu ada sebuah hutan yang terkenal angker di sebelah selatan kota Lasem, sehingga setiap ada orang yang berusaha untuk menjadikannya sebuah pemukiman selalu tidak berhasil.
Sampai pada akhirnya sosok Mbah Djumali dengan berbagai ilmu yang dimilikinya berusaha untuk mbubak(membuka) hutan yang terkenal angker tersebut untuk dijadikan pemukiman.
Setelah melalui proses yang panjang atas pertolongan Allah SWT akhirnya Mbah Djumali yang juga cucu dari Mbah Sambu Lasem berhasil mbubak(membuka) hutan angker tersebut, dan beliau menemukan sebuah batu besar yang menjadi pusat dedemit yang menyebabkan angkernya hutan tersebut.
Setiap hari batu tersebut digunakan untuk tempat kencing oleh mbah Djumali sehingga para dedemit penghuninya berangsur-angsur hilang.
Akhirnya Mbah Djumali menamai desa yang sebelumnya hutan angker tersebut dengan nama TUYUHAN berasal dari kata WATU (batu) UYUHAN (tempat kencing).
**(Untuk lebih jelas akan sejarah Tuyuhan, sejarah Mbah Djumali (perjuangan dan Karomah) telah tertulis di buku yang diterbittkan oleh Lembaga Pondok Pesantren Al Hassan (LPP Al HASSAN) Tuyuhan berikut silsilah mbah Djumali)**

Bersambung...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar